Perdebatan obat racikan dan obat resep dokter

 Oleh Muhammaddin Nizam

14 april 2023 

 


Tangerang, bojong Nangka - Perdebatan ini sering terjadi di karenakan masyarakat yang bingung, lebih baik menggunakan obat resep racikan atau obat resep dokter dari hasil wawancara dari beberapa pihak banyak yang lebih setuju menggunakan resep dokter di karenakan terjamin resep nya

Obat racikan adalah salah satu pelayanan farmasi di mana obat diformulasikan sesuai dengan resep dokter untuk pasien. Dalam bahasa Inggris, obat racikan seringkali disebut dengan compounding medicine.

Seringkali, obat ini diperuntukkan kepada anak-anak atau pasien kronis yang memerlukan sediaan obat yang tidak tersedia secara instan. 

Hal ini terjadi karena adanya kekurangan pada obat yang tersedia, yang mungkin tidak sesuai dengan kebutuhan pasien baik dari kadar atau kombinasi bahan-bahan aktif di dalam obat.

Selain itu, obat ini juga bisa dibuat sebagai cara memudahkan penggunaan pada pasien tertentu.

Sedangkan obat dokter adalah daftar obat yang direkomendasikan dokter kepada pasien setelah pasien menjalani serangkaian pemeriksaan kondisi kesehatan oleh dokter, yang meliputi pengecekan gejala, riwayat penyakit, serta kebiasaan atau gaya hidup pasien.

Keduanya memiliki komposisi tertentu untuk pengidap penyakit tertentu jadi tidak ada salahnya menggunakan obat racikan ataupun obat resep dokter


Comments

Popular posts from this blog

Rumentang Siang sebagai Gedung Kesenian Pelestari Sejarah dan Budaya Jawa Barat

Libur Panjang Tiba, Taman Embung Batusari Ramai Anak-anak

Omzet Melimpah, Pedagang Takjil : Ini berkat berkah ramadhan