Obat Sirop Jadi Penyebab Gagal Ginjal Pada Anak

 Oleh Farid Ibnu Syafiq, Jumat (14/04/2023)


TANGERANG SELATAN – kasus gagal ginjal akut di indonesia meningkat, pada kasus ini sering kali menyerang anak anak karena rentannya kesehatan anak anak seperti demam batuk flu. Beberapa orang tua memilih jalan cepat untuk meredakan demam anak dengan memilih untuk pergi ke apotek hanya sekedar untuk membeli obat, di bandingkan pergi ke rumah sakit mempercayai tenanga medis. 

" jadi sebenarnya bukan tidak mempercayai dokter. Tetapi, kita para ibu ingin anak agar cepat sembuh sehingga memilih untuk membeli obat di apotek tanpa resep dokter, di bandingkan harus antri panjang di rumah sakit." ujar ida

Seringkali ketika anak menderita sakit, orang tua langsung membeli obat di warung bahkan apotek tanpa resep yang jelas. Jika obat yang dikonsumsi tidak sesuai dengan anjuran dokter akan berakibat pada penyakit yang semakin parah. Salah satu obat yang sering dikonsumsi tanpa resep dokter adalah obat sirup anak.

Berdasarkan penelusuran Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), terdapat beberapa produk sirup yang menjadi penyebab gagal ginjal karena mengandung bahan pelarut etilen glikol dan dietilen glikol. Obat sirup anak yang di konsumi tidak menggunakan resep dan anjuran dokter akan berakibat fatal seperti gagal ginjal. Pasalnya, penelitian terbaru memastikan obat sirup dengan cemaran EG dan DEG menjadi penyebab kasus gagal ginjal anak-anak Indonesia. 

“Sebelum membeli obat sirup anak sebaiknya membaca dan memahami kandungan obat yang aman untuk di konsumsi anak. Wajib membaca komposisi, kandungan, membaca peringatan yang terdapat di dalam kemasan, menkonsumsi obat sesuai aturan pakai, dan melakukan konsultasi kepada dokter terlebih dahulu. ” Ujar ibu yuni seorang apoteker.


Peran ibu sangat lah penting atas tindakan yang di pilih, terutama saat memilih obat untuk di konsumsi anaknya. Para ibu haruslah lebih bijak dalam mengatasi masalah tersebut, dan tidak sembarangan dalam memilih obat terutama pembelian obat tanpa resep dokter. Orang tua sudah seharusnya lebih mempercayai kondisi kesehatan anaknya kepada ahlinya yaitu dokter.


Comments

Popular posts from this blog

Rumentang Siang sebagai Gedung Kesenian Pelestari Sejarah dan Budaya Jawa Barat

Libur Panjang Tiba, Taman Embung Batusari Ramai Anak-anak

Omzet Melimpah, Pedagang Takjil : Ini berkat berkah ramadhan