MARAKNYA ONDEL-ONDEL DI LINGKUNGAN MASYARAKAT

Oleh abdul basitho al haetami

Kamis, 13 april 2023, 12.30 WIB


TANGERANG -ondel-ondel adalah bentuk pertunjukan seni khas betawi yang sering di tampilkan dalam pesta rakyat. Tampaknya ondel-ondel memerankan leluhur atau nenek moyang yang senantiasa menjaga anak cucunya atau penduduk satu desa ondel-ondel berupa boneka besar dengan tinggi 2,5  meter dengan garis tengah kurang lebih 80 cm, dibuat dari anyaman bambu yang disiapkan begitu rupa sehingga mudah dipikul dari dalamnya. Bagian wajah berupa topeng atau kedok, dengan rambut kepala dibuat dari ijuk, Wajah ondel-ondel laki-laki biasanya dicat dengan warna merah, sedangkan yang perempuan dicat warna putih.

Kamis, 13 april, 2023 pukul 12.30 WIB, kecamatan curug kabupaten tangerang terjadi sebuah ondel-ondel yang melewati jalan raya curug untuk mencari uang ondel-ondel biasa berjalan kaki dari sebuah desa ke desa yang lainnya, hal ini menjadi salah satu hiburan di lingkungan masyarakat terutama bagi sebagian anak kecil. 

Saat di wawancara mengapa sekarang banyak ondel-ondel di lingkungan masyarakat” hal ini terjadi karena sebagian pengamen ondel-ondel adalah anak kecil jadi kita tidak bisa kerja di pabrik pabrik atau berjualan karena tidak mempunyai modal yang banyak maka dari itu kita memutuskan untuk menjadi pengamen ondel-ondel yang penting kita mencari rezeki yang halal” ungkap DEDE salah satu pengamen ondel-ondel.


Comments

Popular posts from this blog

Rumentang Siang sebagai Gedung Kesenian Pelestari Sejarah dan Budaya Jawa Barat

Libur Panjang Tiba, Taman Embung Batusari Ramai Anak-anak

Omzet Melimpah, Pedagang Takjil : Ini berkat berkah ramadhan