KENAIKAN SIGNIFIKAN HARGA SEMBAKO DI WARUNG-WARUNG PADA AKHIR BULAN MARET 2023

Oleh Putra Rakan Kurnia Rahman – Tangerang, Kamis 13 April 2023

 




Tangerang – Pada awal bulan Maret 2023, seluruh biaya sembako termasuk harga beras, telur, dan bahan pangan lainnya melonjak naik. Sebenarnya kenaikan harga sembako yang berkaitan dengan kebutuhan sehari-hari masyarakat sudah melonjak semenjak akhir tahun 2022 bulan Desember. Namun melonjaknya harga sembako terjadi secara signifikan berlanjut dari awal bulan Januari sampai dengan akhir bulan Maret 2023 ini. Namun, peningkatan harga sembako yang sangat terasa adalah di bulan Maret 2023 ini.
 “Kenaikan harga sembako di bulan April ini adalah kenaikan yang jauh paling signifikan, ambil contoh beras BMW yang per 5 kilogram ini sudah mencapai Rp. 67.500,- yang terakhir pada bulan Januari 2023 masih berada pada angka Rp. 63.000,-.” , ucap Suyatmi salah seorang pemilik warung “Madura” di daerah Cikupa, Citra Raya, Kabupaten Tangerang. “Kenaikan harga yang paling signifikan juga di rasakan oleh para perokok. Harga rokok terus meningkat dari awal bulan November sampai dengan yang tertinggi di bulan Maret ini. Rata-Rata harga rokok meningkat sampai dengan Rp. 5000,- dari harga normal.” Tambahnya.
 Kenaikan harga sembako Sebagian besar di sebabkan karena keterbatasan bahan pokok yang ada yang terlebih di sebabkan oleh pengaruh musim, cuaca, sumber daya manusia,serta stabilitas ekonomi yang ada di Indonesia. Dengan terbatasnya faktor faktor di atas, menjadi pengaruh besar padasebagian besar kenaikan harga harga sembako yang tersebar di Indonesia. Akibatnya, Sebagian besar masyarakat juga harus mempertimbangkan Kembali kebutuhan-kebutuhan pokok mereka yang harus mereka peroleh demi keseharian mer

Comments

Popular posts from this blog

Rumentang Siang sebagai Gedung Kesenian Pelestari Sejarah dan Budaya Jawa Barat

Libur Panjang Tiba, Taman Embung Batusari Ramai Anak-anak

Omzet Melimpah, Pedagang Takjil : Ini berkat berkah ramadhan