KENAIKAN BAHAN PANGAN MENJELANG HARI RAYA

oleh Kemal Dwiputra Faisal

Jumat, 14 April 2023 


TANGERANG – Hari raya idul fitri semakin dekat, banyak masyarakat yang sudah mempersiapkan untuk menyambut hari raya idul fitri. Dengan tradisi yang ada, banyak masyarakat yang sudah membeli bahan – bahan pangan untuk disajikan untuk orang – orang yang bertamu atau bersilaturahmi.

Namun banyak keluhan dari para pedagang dan para konsumen terutama ibu ibu rumah tangga, karena harga yang terus melonjak naik disetiap bahan – bahan pokok seperti beras, cabai, bawang, daging, dan lain – lain. Banyak faktor yang menyebabkan harga pangan melonjak naik seperti, cuaca buruk, banyak nya hama, dan harga transportasi yang mahal. 

Contohnya adalah Purwanto salah satu pedagang sayur mayur di pasar Kelapa Dua Tangerang, ia berkata “ harga cabai dan bawang terus naik setiap minggunya, walaupun hanya naik seribu sampai 5 ribu rupiah per minggunya tetap saja membuat para pelanggan komplain ke para pedagang, kita para pedang disini tidak bisa apa - apa karena memang sudah naik harganya dari petani nya, namun mereka para petani hanya beralasan cuaca buruk dan harga BBM yang sangat mahal ”. Para ibu – ibu rumah tangga juga sangat heran dengan harga pangan yang terus berubah - ubah. “Masa setiap kepasar harganya selalu naik terus” ujar bu Wati pelanggan pasar Kelapa Dua.


Comments

Popular posts from this blog

Rumentang Siang sebagai Gedung Kesenian Pelestari Sejarah dan Budaya Jawa Barat

Libur Panjang Tiba, Taman Embung Batusari Ramai Anak-anak

Omzet Melimpah, Pedagang Takjil : Ini berkat berkah ramadhan